Menabung di Bank Syariah, Pilih BNI Syariah

Sudah punya rekening Bank? apakah tertarik membuka rekening di Bank Syariah? apa sih Bank Syariah itu? apa KEUNTUNGANNYA daripada Bank konvensional?

Inilah yang sempat terlintas di benak saya tentang awal kemunculan bank-bank syariah pasca krisis moneter lalu. saya sempat heran, apa sih bagusnya Bank Syariah? apa yang membedakannya dengan bank lainnya? dan pertanyaan terpenting : apa keuntungan memilih bank syariah? saya sebagai mahasiswa yang awam tentang konsep perbankan syariah masih dilanda bingung awalnya. lagipula, iklan Bank syariah di TV tidak ada sama sekali yang menjelaskan apa sih perbankan syariah itu dan keuntungannya apa.

Perbankan syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) islam. Usaha pembentukan sistem ini didasari oleh larangan dalam agama islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram.

Setelah mencari, membaca dan memilah dari berbagai sumber, saya menemukan keuntungan-keuntungan serta keunggulan menggunakan jasa bank syariah yang bersumber pada basis syariah sebagai dasar operasinya, sebagai berikut :

1. Konsep hubungan antara Bank Syariah dan Penabung. 

Di perbankan konvensional bank menjadi debitor dan penabung menjadi kreditor. Atas dasar simpan-pinjam, bank membayar bunga kepada penabung dengan tingkat bunga yang sudah ditentukan, tidak peduli berapapun keuntungan yang diperoleh bank atau kerugian yang diderita bank.

Di perbankan syariah si penabung merupakan mitra bank sekaligus investor bagi bank itu. Sebagai investor ia berhak menerima hasil investasi bank itu. Hasil yang diperoleh penabung naik dan turun secara proporsional, mengikuti perolehan bank syariahnya. Muamalah berdasarkan konsep kemitraan dan kebersamaan dalam profit dan risk itu akan lebih mewujudkan ekonomi yang lebih adil dan transparan.

2. Proses bagaimanan dana tabungan para nasabah dimanfaatkan.

Di bank konvensional penabung tidak tahu dan tidak punya hak untuk tahu kemana dana bakal disalurkan. sedangkan Bank syariah menyeleksi proyek yang hendak didanai, bukan hanya melihat dari sisi kelayakan usaha tetapi juga pada halal atau haram usaha itu. Semua nasabah baik deposan maupun debitor terhindar dari praktik moral hazard yang biasa bersumber dari sistem riba.

3. Adanya Early Warning System (peringatan bahaya dini) dari Bank Syariah.

Ketika perolehan bagi hasilnya terus merosot penabung bank syariah memperoleh isyarat bahwa sesuatu yang buruk terjadi pada banknya sehingga ia bisa mengantisipasi segala kemungkinan dan mencari solusi sehingga kita sebagai nasabahnya tidak sampai rugi.

4. Fasilitas Bank Syariah selengkap Bank konvensional.

Saat ini Bank Syariah sudah sangat modern. Semua jenis transaksi mulai dari tabungan, deposito, kredit usaha, kredit rumah, kliring, dan sebagainya tersedia. Mayoritas Bank Syariah terhubung dengan jaringan online ATM Bersama sehingga dapat tarik tunai dan transfer realtime dari/ke bank lain dengan mudah.

Beberapa Bank Syariah seperti BNI Syariah juga telah memberikan layanan Internet Banking, SMS Banking, bahkan kartu kredit syariah sehingga lebih praktis dan nyaman dalam setiap transaksi.

5. Manajemen Keuangan Bank Syariah lebih aman dan stabil.

Dapat kita lihat sekarang ini, saat banyak bank investasi dan bank-bank besar bangkrut maupun membutuhkan kucuran dana, banyak Bank Syariah baru yang justru bermunculan atau buka cabang. Krisis ekonomi justru telah memuktikan bahwa manajemen finansial berbasis syariah jauh lebih aman dibandingkan ekonomi liberal yang dianut bank konvensional.

Bahkan dikutip dari VIVAnews, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, mengatakan perbankan syariah mempunyai keunggulan dalam pencegahan fraud atau penipuan dibandingkan dengan bank konvensional. Pasalnya, perbankan syariah memiliki dewan syariah sebagai instrumen pengawasan.

6. Salah satu nilai tambahnya : membantu menolong mereka yang membutuhkan.

Bank Syariah mengeluarkan 2,5% dari keuntungan tahunannya untuk dizakatkan. Namun bank konvensional tidak mempunyai kewajiban berzakat. Dengan menggunakan layanan Bank Syariah, secara tidak langsung Anda turut berzakat dan membantu mereka yang membutuhkan.

7. Semua proses dan transaksi didalamnya 100% HALAL.

Kredit yang diberikan oleh bank syariah mempunyai persyaratan yang mewajibkan dana digunakan untuk aktivitas yang halal. Bisnis yang dibiayai bank syariah, juga tidak boleh berisiko mengandung kegiatan yang diharamkan oleh agama Islam. Hal ini sama sekali tidak membatasi nasabah bank syariah harus muslim, justru agama apa pun boleh, asal halal pemakaiannya. Meskipun nasabah tersebut muslim, tapi jika pemakaian dana atau usaha yang dijalankannya tidak halal, maka dia tidak diperkenankan untuk mengambil kredit di Bank Syariah. benar-benar HALAL 100%.

Karena 7 keuntungan utama itulah, saya menjadi sangat tertarik untuk membuka rekening di Bank Syariah. kebetulan sejak menjadi mahasiswa, tabungan saya adalah BNI, karena kerjasama dengan universitas saya. walaupun isi saldo tabungan saya mepet (maklumlah mahasiswa hehe..) namun saya merasa sangat puas dengan layanan BNI. semua transaksi saya beres dan lancar, ATM tersebar dimana-mana, kartu ATM-nya juga bisa digunakan di banyak transaksi (saya pernah membayar es krim di salah satu gerai terkenal dengan kartu ATM BNI mahasiswa saya, saya sempat kaget karena ternyata bisa hehe..). saya juga pernah menggunakan layanan Paypal dan dapat transaksi lancar dengan akun rekening BNI saya. hebat deh pokoknya.

Ternyata BNI pun sudah memiliki BNI Syariah loh, karena saya puas dengan layanan BNI, maka saya pun tertarik untuk mengenal lebih dekat BNI Syariah. secara umum, BNI Syariah memiliki 3 produk utama (dari sekian banyak produk yang ditawarkan) yakni : Tabungan iB Hasanah, Gadai Emas iB Hasanah, dan iB Hasanah Card. wah saya tertarik nih membuka Tabungan iB Hasanah, karena setelah saya lihat infonya, persyaratan membuka rekeningnya sangat mudah! cukup mengisi formulir, menunjukkan KTP/SIM/Paspor asli dan fotocopy-annya serta menyerahkan setoran awal Rp 100.000, wow mudah dan murah (setoran awal hanya 100ribu) kan.. bahkan Biaya saldo di bawah minimum = Rp 2.500!! murah sekali ya ampun.. untuk kantong mahasiswa ini cocok sekali! info lengkap disini. bahkan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, tabungan iB Hasanah adalah pilihan tepat untuk rencana masa depan.

saya juga sangat tertarik dengan layanan Griya iB Hasanah yakni fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan kepada anggota masyarakat untuk membeli, membangun, merenovasi rumah (termasuk ruko, rusun, rukan, apartemen dan sejenisnya), dan membeli tanah kavling serta rumah indent, yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing calon. salah satu impian saya adalah membelikan rumah untuk kedua orang tua saya :)

Karena dengan persyaratan : WNI, usia minimal 21 tahun dan maksimal sampai dengan saat pensiun pembiayaan harus lunas, berpenghasilan tetap dan masa kerja minimal 2 tahun saja, saya bisa mendaftar layanan Griya iB Hasanah ini untuk mewujudkan impian saya. apalagi keuntungannya uang muka ringan yang dikaitkan dengan penggunaan pembiayaan serta angsuran tetap tidak berubah sampai lunas ini sangat membantu meringankan beban keuangan orang-orang yang ingin memiliki rumah/tanah. info selengkapnya disini. Subhanallah.. menyenangkan sekali ya menggunakan layanan BNI Syariah, oleh karenanya mari hilangkan semua dugaan salah tentang perbankan syariah dan marilah kita menabung di bank syariah yang terpercaya yakni BNI Syariah.

Masih banyak lagi keuntungan memilih layanan perbankan syariah di BNI Syariah, mari kita mulai menabung dan berinvestasi dengan HALAL dan aman. saya juga berencana akan membuka rekening tabungan iB Hasanah di BNI Syariah. Bismillah, pasti barokah. :)

About these ads

36 thoughts on “Menabung di Bank Syariah, Pilih BNI Syariah

  1. wow lengkap bgt… thank you y dah share ini… aq juga member bni syariah :) tp aq agk sdikit bingung… informasi lengkap ini dpt dr mn y??? sdh ada iktn dr bnk bni x y mb???

    • hehee terimakasih yaa.. :)
      aku baru mau buka rekening di BNI Syariah sih.. hehe..
      informasinya dapat dari berbagai sumber, udah ku link di artikel ini juga kog..
      aku lagi ikutan lomba menulis blog tentang BNI Syariah ini yg diselenggarakan oleh Republika :)
      mohon doanya ya..

  2. Usul nih ya Bel. Aku sering ngobrol dari temen-temen yang pernah jadi juri blog. Ada beberapa poin yang dinilai untuk lomba blog khususnya foto:
    1. Untuk menampilkan foto, harap mencantumkan sumber gambar tersebut.
    2. Alangkah cantiknya jika ada foto dirimu bersama buku tabungan (kayak fotomu ama ID-card magang di Telkom kemarin) atau foto kamu di depan BNI Syariah atau foto bersama CS BNI syariah dll.
    3. Pastikan tulisan ini original. Juri blog itu punya software serupa Copyscape yang tidak ada batasan.

    Etapi tulisan ini berdasarkan vote yak? Nyante aja dah, InsyaAllah menang kok

    cemungudh

    • wahh baru baca nih dan approve komen..
      hmm manggut2 aku baca 3 artikel itu.. ternyata ada indikasi juga yah apa-apa yg berbau “Syariah” bukan selalu sesuai syar’i
      masyarakat harus lebih tahu dan paham nih..
      makasiih infonya yaa :)
      dan ternyata kmu pya blog juga hehe..

    • Jadi bagusnya ke mana nie?

      ane sih better ke syariah saja daripada ke konven ..

      bank-bank syariah di indonesia . masih mendingan daripada bank konven.. daripada g ada sama sekali. walaupun belum 100% syariah.

  3. makmur berkata:

    Sangat..bagus…tapi..tempatnya..agak jauh dr kantor sy…soalya msh jarah..harusnya..bersebelahan tuh yah Bni konvensional..di situ ada BNI syariahnya…xixixixi…mantaps

  4. Dinda berkata:

    Di BNI Konvensional jg bisa kok membuka rekening sekaligus transaksi BNI Syariah.. Jadi kalo yg terdekat adanya BNI Konvensional jngn khawatir disana juga bisa dilayani produk BNI Syariah.

  5. tolong share donk,….tentang kemungkinan buruk apa yang harus saya antisipasi sebelum saya deposito di BANK BNI?
    karena menurut info yang saya dapatkan di salah satu situs….. dan saya tanyakan lgsg di ptugas info di kantor BANK BNI terdekat di kota saya tuh,….bunga yg ditawarkan tuh cukup menggiurkan,…dan tidak sebanding dengan bunga perkredittan yang ditetapkan di BNI.yaitu klo gk salah 1,sekian%…lah dana dari mana yg hrs dikluarkan untuk memberikan bunga deposit kpd nasabah yg sudah terregister di deposit BANK BNI….sedangkan income yg masuk di BANK BNI hanya 1% atau lebih…yg diperoleh dri bunga perkredittan,…

    • wah ubntuk kemungkinan terburuk seperti apa, saya tidak punya hak untuk memberi opini Pak..
      namun untuk info, memang lebih menguntungkan menanamkan dana di syariah :)
      lebih baik anda segera bertanya ke pihak Bank BNI..

  6. Daftar Produk Software Kami

    Proswitching

    Merupakan suatu paket program untuk pengiriman message / file antar cabang, biasanya digunakan untuk Financial Transaction. Software Proswitching sudah di gunakan dan terbukti sangat baik di beberapa bank antara lain : Bank BRI, Bank BRI Syariah, Bank BNI, Bank BTN, Bank Mega, Bank Mega Syariah, Bank DKI dan Bank Index

    Rekonsiliasi

    Merupakan program rekonsiliasi yang dijalankan kantor pusat pada wide area network, berguna untuk melakukan rekonsiliasi transaksi antar cabang.

    Stand In

    Merupakan paket program aplikasi yang berfungsi sebagai server pengganti dimana transaksi-transaksi yang dilakukan oleh media tertentu (misal ATM) dapat dilakukan apabila server utama sedang bermasalah atau sedang melakukan proses tertentu

    ATM Controller dan Monitoring

    Adalah program aplikasi yang melakukan kontrol terhadap mesin-mesin atm baik dalam proses maupun dalam hal terjadi gangguan pada mesin

    Card Access Management

    Adalah program aplikasi yang melakukan kontrol terhadap kartu kartu nasabah baik itu dalam hal pembukaan kartu baru, pengubahan atau penghapusan kartu

    Ticketing

    Merupakan program aplikasi yang berfungsi sebagai program penanganan transaksi Tour & Travel Ticketing

    General Ledger

    Merupakan paket program aplikasi yang berfungsi sebagai program akuntansi dan telah banyak dipakai oleh perusahaan perusahaan di Indonesia, berbasis Windows. General Ledger ini mempunyai banyak fitur-fitur yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi lain

    Inventory Control System

    Merupakan paket program yang berfungsi sebagai kontrol terhadap stock barang, penjualan/pembelian serta hutang / piutang. Program ini telah banyak dipakai di beberapa perusahaan di Indonesia

    Integrated Accounting System

    Merupakan paket program penggabungan antara Inventory Control System dengan General Ledger sehingga berfungsi sebagai kontrol stock barang, penjualan / pembelian serta program akuntansi. Program ini cocok untuk perusahaan perusahaan distribusi secara retail

    Payroll

    Merupakan paket program yang berfungsi sebagai program gaji dan telah banyak dipakai dibeberapa perusahaan di Indonesia

    Banking Online System

    Merupakan paket program yang berfungsi untuk melayani seluruh produk dalam dan luar negeri dari level front office sampai level back office

    Sistim Sumber Daya Manusia

    Merupakan paket program yang berfungsi untuk mengelola data kepegawaian mulai dari perencanaan, recruitment, pelatihan, personalia, gaji dan pengembangan

    Pengadaan Personal Computer

    Branded : Hewlett Packard, IBM, ACCER, COMPAQ, dll
    Lokal / Rakitan
    Upgrade

    Demikian Data Profil PT Metalogic Infomitra di buat, apabila anda membutuhkan jasa kami silahkan hubungi :

    Herry Hermawan
    PT Metalogic Infomitra
    Jl Kemandoran 1 No 20
    Grogol Utara
    Jakarta Barat
    Telp 021 5324790-91
    Hp 081808848274
    http://www.metalogic.co.id
    herryhermawanmetalogicinformatika.blogspot.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s