INFEKSI LAMBUNG (saya kena dua kali)

Setelah jaman semester 3 saya kena infeksi lambung yg menyebabkan saya bedrest dan tidak bisa mengerjakan laporan berjubel praktikum Ilmu Logam.. di semester 6 ini saya kena lagi! seminggu lebih saya bedrest dan sampe ke UGD! huhuhu.. parah,, karenanya saya berharap anda selalu sehat dan tidak akan kena penyakit ini.. inilah seputar informasi tentang infeksi pencernaan dan lambung…

Radang dan Infeksi Lambung

Gastritis atau radang lambung lebih dikenal dengan sebutan penyakit maag. Pada penderita radang lambung atau maag, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari. Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.

Radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Radang lambung dapat menimbulkan pendarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung, penderita akan muntah yang mengandung darah yang berwarna cokelat seperti kopi. Pada penderita radang lambung akut, sering mengeluhkan adanya suatu gejala dengan perasaan lambung tak enak, kram perut, indigesti, nafsu makan berkurang, mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari.

Sedangkan pada penderita radang lambung kronis mempunyai gejala yang sama atau rasa tak nyaman yang ringan. Sering kali gejala tersebut menjadi samar-samar, seperti tidak toleran terhadap makanan berlemak atau pedas. Bahkan bisa saja bila terjadi serangan ringan akan dapat diatasi dengan makan.

Namun demikian secara umum penyakit radang lambung mempunyai beberapa gejala yaitu :
*    Mual dan sering muntah
*     Perut terasa nyeri, pedih (kembung dan sesak) pada bagian atas perut (ulu hati).
*    Nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin.
*    Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
*    Sulit untuk tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut)
*    Kepala terasa pusing. Dan pada radang lambung dapat terjadi pendarahan.

Pada umumnya radang lambung dapat disebabkan  oleh beberapa faktor. Di antaranya:
#    Adanya stres dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang
#    Adanya asam lambung dan pepsin yang berlebihan
#    Mukosa (selaput lendir) lambung tak tahan terhadap asam lambung dan pepsin yang berlebihan karena menurunnya kemampuan fungsi mukosa lambung tersebut.
#    Waktu makan yang tak teratur, sering terlambat makan, atau sering makan berlebihan
#    Terlalu banyak makanan yang pedas, asam, minuman beralkohol, obat-obatan tertentu dengan dosis tinggi

Hati-hati dengan infeksi pencernaan. Himbauan ini mungkin terasa “warning” karena kemudian ada penjelasan lain yang mengatakan, infeksi lambung yang akut, akan merepotkan kehidupan Anda kelak. Seperti apa sih? Gangguan pada sistem pencernaan makanan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah, infeksi bakteri, dan kelainan alat pencernaan. Di antara gangguan-gangguan ini adalah diare, sembelit, tukak lambung, peritonitis, kolik, sampai pada infeksi usus buntu (apendisitis).

Apabila makanan dari perut mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menjadi lebih sering dengan feses yang mengandung banyak air. Keadaan seperti ini disebut diare. Penyebab diare antara lain ansietas (stres), makanan tertentu, atau organisme perusak yang melukai dinding usus. Diare dalam waktu lama menyebabkan hilangnya air dan garam-garam mineral, sehingga terjadi dehidrasi. Beberapa gangguan lain pada sistem pencernaan antara lain sebagai berikut: Peritonitis; merupakan peradangan pada selaput perut (peritonium). Gangguan lain adalah salah cerna akibat makan makanan yang merangsang lambung, seperti alkohol dan cabe yang mengakibatkan rasa nyeri yang disebut kolik. Sedangkan produksi HCl yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri yang disebut tukak lambung.

Gesekan akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat makan tidak teratur yang pada akhirnya akan mengakibatkan pendarahan pada lambung. Gangguan lain pada lambung adalah gastritis atau peradangan pada lambung. Dapat pula apendiks terinfeksi sehingga terjadi peradangan yang disebut apendisitis.  Kemudian, dinding lambung diselubungi mukus yang di dalamnya juga terkandung enzim. Jika pertahanan mukus rusak, enzim pencernaan akan memakan bagian-bagian kecil dari lapisan permukaan lambung.  Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya infeksi lambung. Infeksi lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut. Sebagian besar infeksi lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri jenis tertentu.

Ramuan yang Bisa Digunakan
Menurut Hembing Wijayakusuma, tumbuhan obat di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung. Antara lain ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung, dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.
-  30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
- 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat.
- 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat
- 3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat.

Semoga anda tidak akan kena penyakit ini, sehat selalu! kita semua sehat selalu! ^_^

sumber: dari berbagai sumber

149 thoughts on “INFEKSI LAMBUNG (saya kena dua kali)

  1. irawati syarif berkata:

    apa infeksi pencernaan membuat org demam?

    krn sy demam sudah masuk hari ke 5. berobat ke GMC dan di tes lab. lekosit sy tinggi. dokter mengatakan infeksi pencernaan.

  2. ciprut berkata:

    apakah infeksi lambung itu rasanya sampai tembus ke pinggang. Aku salah satu orang yang terkena pencernaan. tolong jawabannya dan solusinya. karena aku punya anak umur 3 bulan dan aku tidak bisa merawat dia, akibat sakit q ini! Mohon jawabannya?

    • biasanya berbeda-beda, teman saya ada yg merasa seperti itu sementara saya tidak, segera konsultasi ke dokter agar penanganan segera sebelum anda muntah2.. untuk anak anda, minta diurus oleh keluarga dulu saja, anda segera berobat .. cepat sembuh ^^

  3. aku penderita maag dah 1th lebih berbagai resep herbal dah banyak gw coba sampai kosumsi obat sejenis lanzoprasol. Aku udah bolak balik ke dokter dua minggu sembuh lalu kambuh lagi. Perut agak panas, uluhati sakit tembus punggung. Tolong kasih resepnya?

  4. Teman sy,ad yg terkeNa iNfeksi Lambung,,apa kah salah satu penyebabx itu krn dia seriNg meNgonsumsi obat”an terlarang spt putau,sabu,,,ap yg perLu dlakukan terhadap pendrita sperti dia Dok….

    • sebelumnya, saya bukan dokter, syukur2 klo nanti berjodoh ama dokter, hehe.. :)
      saya tidak tahu pasti, satu fakta adalah obat2an terlarang tidak baik terhadap tubuh manusia, apalagi jika mungkin teman anda lambungnya sensitif, jadi bisa terjadi infeksi lambung.. infeksi lambung tidak ada gejalanya, tiba2 saja perut akan sangat perih dan dokter menyatakan : ini infeksi lambung..
      tolong bilang pada teman anda, segera berhenti pakai obat2an terlarang
      dan berobat ke dokter sekaligus makan tepat waktu dan teratur, karena jika infeksi lambung parah akan menyebabkan dinding lambung robek dan
      bisa berakibat pendarahan di lambung, dan akan lebih menyakitkan lagi pengobatannya…

  5. Bunga_Mbot berkata:

    Saya adl langganan penderita types,hmpir tiap bulan sy types!dan skrg sy dvonis dokter mngidap infeksi lambung,yg dsebabkan fktor stres,telat makan n srg makan pedas*pdhl sy klo masak pling banter jg cm 5biji cabe…yaa..makanya mngkin hasil dr rutinitas kerja sy yg gila2an…Dokter sy blg,utk terapi penyembuhan mmbutuhkan wktu sktr 3-6bulan,buseeet..Yg pling mmbuat sy sedih adl harus putus hubungan dg cabe,sambal dkk..​☀̤̣̈̇ː̖́†♓‪☆♌k γ☺µː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́ Bella 4 shared your ecperience

  6. Diah sulistyorini berkata:

    Hiks..saat ini sy sdg mengalami infeksi pencernaan…sbb nya sm bgt ma yg diuraikan diatas,krn stress,mkn yg tdk teratur jg…ini terjdi pas sy pertama kali krj..jd skrg resign deh..mo gmn lgi,drpd skt trs….

    • malah biasanya dokter bilang anda kena typus eh ternyata malah infeksi lambung.. ini karena gejala dan lemahnya tubuh sama seperti gejala orang kena infeksi lambung.. saya dulu sampai ke rumah sakit dan ke dokter 2x baru ketahuan kalau terkena infeksi lambung..

  7. Saya sudah 2x masuk ruang perawatan dlm tempo wkt 1bln,diagnosa pertama sampai yg ke-3 di IGD adlh serangan jantung,karena terasa sesak&jantung berdebar-debar,sampai diagnosa yg terakhr stlah endoskopi barulah terlihat penyakitnya radang lambung kronis,bgaimana caranya mengatur pola makan&makanan apa saja yg harus d hindari? karena riwat hidup saya tdk pernah lepas dari makanan pedas&santan.berapa lama luka itu bisa sembuh?trmakasih sebelumnya.

    • wah, saya malah sempat didiagnosis hamil sama RS saat infeksi lambung saya menyerang :(

      sebenarnya pola makannya gampang kog, hanya menghindari : makanan pedas, asam dan makanan2 yg memicu asam lambung berlebihan seperti kopi, keju, santan, dsb..

      luka di lambung sembuh sekitar satu minggu biasanya, namun bila luka sudah terlalu besar/dalam maka treatment-nya berbeda.. ini info dari dokter :)
      semangat!

  8. mira berkata:

    aku skrg lgi mnglmi pnyakit ini…
    sngat menyiksa,,,lemas bgt,,dan brt bdan trs trun drastis…tp blm sampai msk rmh skit,,bgmn ya br tbh ttp kuat dan brtahan???

    • anda sudah ke dokter belum? segera ke dokter sebelum semakin parah ya..
      caranya makan selalu teratur (3 x sehari makan besar, diselingi 3 x makan kecil) dan tidur yang cukup serta hindari stress :)

  9. Lin_Jia_Pin berkata:

    saya jg lagi sakit infeksi lambung nih sis.. :( udah masuk hari ke-3 masih belum sembuh juga. demamnya naik turun. udah minum obat dr dokter tp gak kerasa ada hasilnya,,, dirimu merasa ada perubahan pada hari keberapa sis?

  10. ekta berkata:

    mba…thank infonya ya…..saya udah endoskopi dan hasilnya gastropathy grade 3 dan masih mengkonsumsi obat dari dokter sudah 3 bulan ini,bagaimana caranya supaya ga ketergantungan ama obat?an mengkonsumsi ramuan herbalnya bisa selingan ama obat dokter ga ya?dan berapa lama pemakaian obat herbalnya bisa berhasil?ada resep makanan ga mba…atau cemilan untuk kasus kaya kita ini…thanks.ekta

    • waaahhh semangat penyembuhan!! :)
      intinya kalo diberi obat dari dokter itu : dihabiskan. ketergantungan itu karena sugesti aja mbak, coba biasakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang akan memicu asam lambung seperti : kopi, keju, mie, cabai, dsb.. ramuan herbalnya bisa dikonsumsi bersama obat kog.. asal obat anda tidak terlalu kuat dosisnya.. biasanya obat hermal satu bulan saja sudah berhasil, saya belum mengkonsumsi obat herbal tapi benar-benar mengurangi makanan2 diatas dan SELALU MAKAN TEPAT WAKTU, syukurlah saya sembuh :)

  11. Vhen'Lha berkata:

    apa kha hanya dengan minum ramuan di atas penyakit infeksi lambungnya bisa langsung sembuh atau butuh obat medis lagi??
    yang kamu alami

    butuh jwaban’x skali

  12. Aku juga pernah,emang rasanya gk enak,,,terutama kalo salah makan,pasti kambuh.dari sana,aku disarankan selalu rutin minum kunyit dari jamu gendong,lama kelamaan,aku biasa bikin sendiri.Alhamdulilah sekarang jarang kambuh,,

  13. bahrun ulum berkata:

    bagaimana caranya mengelabui seseorang yang sudah terkena infeksi lambung dan susah untuk di ajak sehat? apakah ada obat obatan herbal yang disamarkan dengan makanan?

  14. Makasih Mbak Nabila infonya. Ada “teman senasib” juga nih. Kebetulan saya sedang kena penyakit radang lambung para sama persis apa yang Mbak alami. Sekarang lagi masa penyembuhan menginjak 1,5 bulan. Saya setuju banget dengan pola makan yang teratur. Tambahan lagi: jangan makan yang keras-keras (misalnya beras ketan); jangan begadang; hindari kopi, rokok, juga alkohol; jangan kebanyakan duduk; dan olahraga yang rutin biar otot organ perut aktif juga.

    Pengalaman saya kesiksa banget jika radang lambung kronis sudah kena. Sulit BAB atau malah sering diare; perut terasa sebah terus ditambah perihnya minta ampun; Sulit tidur dan jadi penyiksaan sendiri ketika mengejan di WC. Saya sendiri malah sampai merembet ke usus dan wasir. Untuk itu, kepada rekan-rekan biasakanlah hidup sehat, makan teratur, dan kelola stres/banyak pikiran jangan sampai pengaruh ke kesehatan lambung.

    • yap, alhamdulillah saya sekarang bebas maag karena selalu makan teratur di jam yang terjadwal hehe..
      dan saya pantang melewatkan sarapan pagi, pokoknya harus makan sarapan :)
      semoga kita selalu sehat dan produktif, amiin..

  15. trish berkata:

    sy jg mngalami hal yg sama tp smuanya terasa setelah sy melahirkan anak kedua, sampe2 sy pernah hampir pingsan dan masuk RS… sy mau tanya mbak apakah infeksi lambung ini bs mnyebabkan kematian? dan apakah pnyakit ini bila diobati bisa benar2 sembuh total? thanks before…

    • menurut dokter, dapat mengakibatkan kematian saat infeksi ini meningkat menjadi luka parah dan lubang di lambung, ada beberapa kasus ekstrim dan mengakibatkan kematian.. sebenarnya inti dari penyakit ini diawali dari maag kemudian maag yg lebih parah sehingga menyebabkan sedikit luka dan infeksi.. caranya adalah pencegahan maag menjadi terlalu parah. kita harus selalu makan tepat waktu dan hindari makanan/minuman yg dapat meningkatkan asam lambung :)

  16. Sweety berkata:

    hi Nabila. Salam kenal. Saya appreciate sekali ada eks penderita asam lambung yang share di internet. saya sudah jalan 4 bulan ini masih mengkonsumsi obat dokter karena terkena gastritis tahap sedang dan karena salah minum ramuan daun-daunan (mengikuti resep dari teman yang suaminya jg penderita asam lambung) eh malah jadi radang & sariawan di usus.

    kalau saya sekarang bertekad untuk mengurangi makan daging sapi dan daging ayam serta seafood. jadi saya sudah dua hari ini jadi vegetarian karena tiga hari lalu saya makan ayam malah sesek pas tengah malam (Biasanya sesak napas bagi penderita gastritis memang terjadi pada saat lambung kita bekerja di malam hari saat kita tertidur)

    bagi teman-teman yang masih menderita asam lambung, saya ada resep minum jeruk nipis (1/4 saja) dicampur dengan air biasa (jangan hangat tapi juga jangan air es) 1/5 gelas saat bangun tidur sebelum sikat gigi atau makan apapun, karena saat itu enzim2 air liur kita bekerja dengan jeruk nipis itu sampai ke lambung. Puji Tuhan saya sudah mengkonsumsi selama 3 minggu dan GERD (rasa panas di tenggorokan) sudah tidak pernah terasa lagi)
    satu jam setelah itu baru minum / makan. kalau masih minum obat dokter, diminum satu jam setelah minum jeruk nipis tersebut.

    kalau untuk menyembuhkan luka di lambung yang belum saya temui resepnya. yang saya tahu, resepnya mesti dengan high protein. oleh karena itu seminggu ini saya selalu punya menu tempe dan tahu agar lambungnya cepat sembuh.

    umur saya 34 tahun. kalau Nabila sepertinya masih muda yah, jadi proses penyembuhannya cepat. tapi semakin berumur memang proses regenerasi sel akan semakin melambat.

    tks :)

    • wah terimakasih sekali informasinya, sangat bermanfaat!
      saya baru tahu tentang air jeruk nipis itu, saya sendiri sekarang kalau stress sedikit saja bisa langsung GERD dan sedikit mual. saya akan coba saran anda, terimakasih banyak ya, semoga kita semua selalu sehat lambung dan semuanya, amiin :)

    • jeruk nipis ya,, ttgga saya jg mnum itu tiap pagi,, klo luka lambung emg lma smbuhnya,, tpi klo obat smentara makan pisang sdah bsa meredakan asam lambung,, jnis pisang yg sya makan sih pisaang cavendish,, trgantung sih cocoknya ap,, cm klo bsa jgn pisang yg trlalu asam,,

  17. ciecie berkata:

    Thanks mba infonya
    Aku juga lg masa pemulihan ampir 1,5 bulan,,bulan kemaren aku masuk RS sampe 2x dan diopname..
    Skg udah mulai membaik,tp klo di bw aktivitas lama masih sedikit lemes dan sedikit kleyengan..krn makan nasi tim baru 4 hari,semasa sakit makan bubur.
    Mba dulu gmn wkt pemulihan?

    • saya dulu pemulihan hampir seminggu makan bubur hehe.. dan selama sebulan total saya tidak mengkonsumsi kopi, keju, pedas, asam, santan, es dan air dingin. lalu sejak saat itu pula saya selalu makan tepat waktu. makan pagi jam 7, makan siang jam 12, makan malam jam 7 :)
      semoga cepat sembuh dan kembali sehat yaa :)

  18. saya sudah seminggu menderita penyakit ini. karena saya terlalu banyak minuman ber soda seperti big cola dan coca cola dan hampir tiap haru memakan mie.

  19. Terimakasih atas informasinya. Saya sudah seminggu ini mengalami penyakit ini.. Gara2 saya terlalu banyak minum yg mengandung soda, sering begadang, dan sering makan mie..

  20. nisa berkata:

    halo mbg
    saya mau tany
    kenapa kalu habis mkn perut sy skit
    tempatnya berpindah2 ,
    apa ini jg infeksi pencernaan/lambung.

    jd ngak nafsu mkn krn tkud skt pert.
    apa ada obt herbalnya mbg

    mksih

  21. assalamu’alaikum, mo share juga nich, anak saya pada waktu usia 6 tahun pernah dirawat selama 1 minggu karna infeksi pencernaan dan sekarang sedang kambuh lagi sudah 1 minggu anakku tidak masuk sekolah (sedih rasanya andaikan penyakit itu bisa di tukar ke aku) memang dokter pertama (sudah 2x kedokter yg berbeda) bilang gejala typhus tp saya g yakin soalnya gejalanya mirip seperti sakit yg dulu akhirnya saya ke dokter langganan dan memang di sana dia bilang infeksi pencernaan yg mo saya tanyain infeksi pencernaan itu apa bisa ke penyakit lebih serius lagi semisal kanker usus besar (na’zubilallah) dan makanan apa saja yg tidak boleh di makan n ramuan tradisionalnya apa aja yaa. sebelumnya dan sesudahnya terimakasih.

    • infeksi lambung adalah tahap lebih parah dari maag dan jika infeksi lambung tidak diobati dengan baik atau terlambat dapat menyebabkan luka di usus yg jauh lebih parah.. kanker usus besar setahu saya bukan disebabkan infeksi lambung tapi gejalanya mirip.. semoga anak anda segera sembuh dan dapat beraktivitas kembali, amiin :)

    • saat bermasalah dgn lambung klau bsa jg jgn mengkonsumsi coklat atau makanan yang yang berlemak dlu,, krn lemak memperberat kerja lambung dan memperburuk keadaannya,, tpi klo daging tdk apa2 asal dgingnya dibuat lunak,, jg diharapkan untuk tidak mengkonsumsi produk ragi/fermentasi slain tempe dan tahu tntu jgn yg asam,, krn ragi mengandung bakteri untuk mengembangkan tidak aman untuk lambung yang sedang sakit.. minum air yang banyak (scukupnya) untuk membuang sisa2 obat dan makanan sehingga tidak kembali terserap ke dalam tubuh si anak..

    • wktu saya ke dokter,, dokter blg saya blm bleh mengkonsumsi makanan yang terlalu berserat seperti jelly,, tpi klo syur bsa asal bukan syur2an yg pantang dimakan,, hnya bsa mkan yg lunak2 dlu,, tpi dy jg blg klo mw mkan yg agk bertekstur spti nasi biasa, kunyah minimal 24-32 kali spy lunak dan lambung g gtu brat mencernanya,, sma g bleh mkan syur2an yg bergas spti kol dan ubi2an

  22. #maag#
    #pas lgi skit#
    makan sesering mungkin dalam jumlah kecil itu sgt mmbntu,, trutama jika anda mengkonsumsi pisang,, obat maag sndiri brpran sbgi antasida (pereda asam lambung),,dan pisang punya khasiat antasid yang cukup,, konsumsi pisang bagi org shat (dri inet) adl 2,, dan yg baik dikonsumsi pdrita maag mnurut inet adl pisang kpok krn mnis,, tpi sya sndiri kmrn mkonsumsi psg sunpride jnis cavendish tidak mslh hnya sdikit nyeri di awal stelah itu prut tdk skit lgi.

    mkan jgn trburu2,, kunyah min 32x agar mempermudah lambung dalam mencerna dan jka anda lapar sekali jgn lgsung mkan banyak/berlebihan,, hal ini jg mnimbulkan asam lambung berlebih..

    maag yg diderita bsifat individu,, jd blum tntu larangan mkanan tertentu brlaku bgi smua org,, yg jlas hindari kopi, asam dan pdas, mkan mkanan yang anda rasa nyaman untuk perut anda dan aman bagi lambung anda masa penyembuhan tergntung pd kondisi lambung anda..

    #stelah smbuh#
    bsa mulai konsumsi sayur dan buah terlarang sdikit dmi sdikit,, krn kita jg btuh manfaatnya dari sayuran dan buah tsb cth kol, susu, yoghurt dsb.. ada juga sbnernya asam yang tidak memperprah asam lambung,, mlah meredakan asam lmbung itu sndiri,, spti asam pd bbrp buah..

      • rosita_tha berkata:

        ihhhh betul bgt ntu tteh nabil,aku uga kena infeksi lambung dan smpai2 mmah aku nangs2 ngliat aku kesakitan 2 dokter aku dtengin tp gag ada hasil ny akhr ny aku di bw ke RS,tp gmn yah teh ngilangin setres,aku smpe2 putusin cwo aku biar aku ngilangin setres

      • iyaa emang sakit banget, nah tolong dijaga kondisimu agar tidak stress, perbanyak olahraga ringan pagi-pagi lalu liburan gih biar segar pikirannya :) cepet sembuh yaaa…

  23. windchild berkata:

    Aku juga kena, kata dokter ini udah parah banget.. hari kamis minggu kmarin sampe ambruk gara” gak kuat nahan sakitnya.. pernah sekali muntah campur darah..
    harus dirawat d Rumah Sakit, tapi aku gak mau.. aku tetep paksa pergi ngampus..
    kira” kalo pengen sembuh aku musti gmn? selain k dokter, krna aku jauh dari kluarga..

    • mending ikutin kata dokter, aku dulu juga diopname kog tapi malah cepet sembuhnya, yang pertama dulu aku biarin aja tetep kuliah tapi ambruk sendiri.. pencegahannya satu, selalu makan tepat waktu dan hindari/kurangi minuman soda, alkohol, roti, keju, mie instant, kopi :)

  24. aku juga sumpah sakit nya minta ampun perut ku bengkak ga bab, ga buang gas, pkoknya sakitnya setngah mati, dokter blg tipes tp aku ga panas, dan klrga ku yakin bget klu aku infksi lambung sedih bget wktu itu pas UAN dkasih cobaan sma Allah :”) tpi hikmahnya banyak yaa smpe akhinrya msh bsa mkan pedes,dll trus kena lagi dan skrg udah tobat heheh takut parah

  25. Jazming Barat berkata:

    Dua bulan yg lalu aku di rawat di RS dan ponis sakit tifus ,,, sampai sekarang aku blom sembuh sembuh ,,,,,,,,, perasaan lemah dan panas kaya di bakar ,,,,,,, tubuhku ,,,,,,,,,

  26. Ade berkata:

    Saya juga lagi mengalami hal yang sama,dan sekarang sedang di vonis oleh dokter Typus,jadi bingung juga karena saya tidak demam……apa perbedaan nya dengan typus ya….?

  27. budi santoso berkata:

    Saya baru 4 bulan kena. pertama waktu jelang idul fitri kedua awal des kemarin, penyebabnya sama : gara2 telat makan shg asam lambung naik dan berkeringat dingin hampir pingsan. mhn info tuk pengobatannya.. walaupun lama tp hrs aku jalani. bisa wa ke 08164236604

    • untuk pengobatan jelas harus konsultasi ke dokter terpercaya Anda, Pak.. dan setelah pengobatan harus selalu makan teratur dan tepat waktu. serta mengurangi / menghindari kopi, susu, keju, santan..

  28. assalamualaikum kk

    wah kk pernah jadi penderita infeksi lambung juga ya?

    mao tany ka, saya d nyatakan dokter infeksi lambung. Lambung saya bru sebulan sakitny. Tapi rasa sakit d ulu hatiny udah reda

    kira” brpa lama ya ka penyembuhannya?

  29. irma berkata:

    Asslm alkm…saya irma umur 27 thn mau nanya.Saya jg merasakan sering nyerih diperut dan sering sesak.pusing sering loyo tdk ada hentix sering bersendawa.apakah ini infeksi lambung .Apakah lidah buaya dpt dikomsumsi untuk mengobati asam lambug ?

  30. ulel berkata:

    aku pernah dulu, waktu kelas 3 mts
    saaaakit bgt, sampe 1 bulan
    sekarang jg sering kumat sh tp paling cuma 2 atau 3 hari

  31. dimas natajiwa berkata:

    Mbak bella,
    Kevetulan banged saya lagi desperate sama penyakit ini.
    Udah di rawat dua minggu di dua rumah sakit berbeda tapi masih belum mendingan.
    Bahkan leukosit terus naik hingga ~23rbu
    Saat ini saya meminta rawat jalan ke dokter karena merasa tidak ada perubahan.
    Namun tidak ada obat dari dokter yang diminum karena terasa semakin sakit jika diminum.
    Apakah mbak bella masih ingat obat dari dokter yang di berikan saat itu?
    Saya diberi 2 obat antibiotik cespan dan fladex dan obat penghilang rasa sakit dan mual.
    Tapi setiap minum obat itu perut nerasa tambah keras atau begah dan mual.
    Sudah dua minggu juga tiap pagi selalu muntah dengan cairan hijau.
    Sebaiknya apa yang saya lakukan yah mbak.
    Kasian liat ortu sama calon saya selalu nangis lihat saya muntah muntah tiap pagi.

  32. yati berkata:

    Mb..aq jg mo bg2 cerita..awalnya aq diblg kena tipes sampe akhirnya hrs opname selama 2 minggu tp g ada perubahan..msh aja aq ngerasain pusing, lemes, mual, meriang, bdn rasanya gak karuan, ulu hati skt sampe sesak napas, dan aq putuskan utk plg ke rmh. Skrg aq berobat jalan dan sudah diendoskopi, ternyt aq kena radang lambung dan syaraf di lambungku lemah, ketauan penyakit ini stlh aq merasakan skt selama 3 bulan. Tp sampe skrg aq msh suka ngerasain lemes, gliyeng kdg ulu hati msh skt jg, apa memang lama y mb penyembuhannya utk penyakit ini? Skrg sy lg cb utk minum kunyit dan kencur mb disamping obat2an dr dokter.

  33. Hi..
    klo liat gejalanya kayaknya aku juga lagi kena penyakit ini deh… sakitnya mulai hari rabu malam kamis, kamis sore ngak bisa bangun, tapi alhamdulillah kemaren ngak sampe ke dokter udah tertangani dengan pijat refleksi ma obat herbal…
    tapi ngak nyangka kalo baru bisa sembuh paling nggak seminggu jadi kemaren udah makan pedas lagi…. eh malemnya mulai terasa begah lagi… untung obatnya masih ada jadi masih bisa tertangani… sekarang asih terasa begah dan pusing.. tapi nggak sampe terasa sakit di perut….
    makanya nyari2 info tentang penyakit ini….
    makasih banyak udah share, jadi kudu lebih berhati-hati…

    • Iya, kita ga boleh anggep remeh sakit perut yg bermula dari maag ini, soalnya jika dibiarkan terus menerus bisa jadi parah banget (usus luka, usus berdarah hingga kanker usus) hiiy.. semoga kita selalu sehat amin :)

  34. hallo mba Nabila,sy andi dari bandung,,mba ,,sy punya saudara,dia terdiagnosa sakit infeksi lambung dan liver,kata dokter sih kondisinya sudh 75% akut,,sebulan sekali dia disarankan dokter melakukan kemoteraphy…apakah mba mengalami hal yg sama?dan saudara saya sering keluar keringat dingin dan muntah darah.kl boleh tahu,obat yg mba nabila konsumsi obat ap ya? ( boleh kirim via email gk untuk infonya:andi_16juni@rocketmail.com

    • KEMOTHERAPY? apa anda yakin sakitnya saudara anda itu infeksi lambung + liver? bukan kanker?
      jika sudah sampai tahap seperti itu saya yakin ususnya sudah luka.. itu yg menyebabkan muntah darah. saya dulu obatnya biasa saja dari Dokter, alhamdulillah ga sampe muntah darah sih.. semoga saudara anda segera sembuh, amin Ya Allah..

  35. muhamad Tartila berkata:

    Kira2 demam san meriang nya berapa hari ya? Saya sudah 3 hari dan di hri ketiga ini saya rawat inap, saya kira2 demamnya 39C

  36. Rere berkata:

    Ayah saya baru keluar dari rumah sakit kak, dia divonis infeksi lambung juga. miris banget minum nggak boleh banyak banyak cukup 2 sendok setiap kali haus. itu juga nggak boleh sering sering. makan bubur sumsum tanpa santen dan gula. itu juga nggak boleh banyak. Ayah aku sering ngeluh lemas karena lapar. Apa kakak juga begitu waktu keluar dari RS? lalu gimana Kakak setelah satu bulan itu apa bisa pulih total?

    • Ya Allah.. Turut sedih.. Semoga Ayahmu cepet sembuh ya, amiin.. Kalau aku dulu ngerasa lemas banget itu pasti makanya sempet 2x salah diagnosa dikira aku typus dan DB.. Yg pasti penyembuhan sebulan lah dengan konsumsi obat dokter juga hanya makan yg diperbolehkan oleh dokter.. Alhamdulillah karena sejak saat itu saya makan selalu teratur dan ga berlebihan plus mengurangi minum kopi, jadinya saya ga pernah kambuh lagi.. Tolong diperhatikan terus makanan Ayah kedepannya, soalnya kenapa lambung bermasalah cuma ada 2 penyebab :
      1. Sering telat makan
      2. Atau makan selalu berlebihan dan keseringan
      Itu kata dokter saya, semoga lekas sembuh ya Ayahmu.. Amin.. :)

  37. Faiz berkata:

    Kak, saya sudah menderita selama 3 minggu, waktu itu sih check up ke dokter aku didiagnosa kena maag, tapi kok lama banget ya kak ? apakah ini infeksi lambung ? kalo iya aku minta tipsnya dong kak biar cepat sembuh:D

    • Menderita seperti apa ini? Apakah kamu sampai demam tinggi dan badan lemas serta perut sakitnya kaya ditusuk2? Coba second opinion dari dokter yg berbeda deh.. Saran saya, gunakan dua pendapat dokter berbeda dan jgn malas minum obat :) semoga cepet sembuh ya..

  38. saya mau tanya. Kakak saya mengalami pendarahan di lambung. Kira- kira bagaimana cara mengobatinya? Apa ada obat herbal mungkin selain pengobatan secara medis?

  39. Dina berkata:

    kak, kata dokter awalnya saya kena luka usus 12 jari.tapi terus dikasih obat, setelah 2 minggu saya coba berhenti minum obat, tapi perut sering panas.lalu saya usg abdomen, semua normal berarti positif maag kata dokter,tapi untuk mengetahui lambung katanya tdk bs lewat usg. sampai sekarang kalau dihitung saya udh minum obat 1 bulan, memang kalau minum obat perut ga panas.tp kalau obat berhenti perut sering panas. dulu pernah mual, tp kalo muntah ga prnh kak.yg saya rasaka skrg panas (kadang2), ulu hati kanan dan kiri terasa menggajal dan setelah makan perut terasa kencang.
    emang luka lambung lama sembuhnya ya kak?

  40. denis andini berkata:

    Mbak, umur saya 14 tahun, sewaktu saya berumur 13 tahun saya didiagnosis menderita penyakit maag akut, sudah 2 kali saya bolak balik rumah sakit untuk rawat inap, gejala yang saya alami itu sering mual², muntah darah tapi darahnya berwarna merah, bukan coklat sprti kopi, kalo penyakit itu sdg kambuh, ulu hati saya terasa sprti ditonjok..
    Udah gitu, saya juga sering mengalami sakit kepala hebat, kepala saya terasa diayun, stelah ditensi, tekanan darah saya 40 per 100.
    Tapi saat ini saya mengkonsumsi madu dan mencoba ramuan cacing. Saya lebih suka mengkonsumsi obat-obatan herbal ketimbang ke dokter.
    Alhamdulillah saat ini penyakit saya berangsur pulih. Hehehe

  41. Mbak, kalo saya udah 2 bulanan sakit kepala ( vertigo), mungkinkah ada hubungannya dengan maag,,. karena sy tidak pernah punya penyakit maag,, tapi kata dokter bilang karna maag jadi asam lambung naik dan kepala jadi puyeng,,..saya jadi bingung karna selala hidup sy tidak pernah muntah2 karna maag,, memang kadang2 nyeri diperut karna telambat makan, tapi bisa diatasi dengan minum air banyak dan makan…..mungkinkah ini maag yang parah sampai menimbulkan sakit kepala (vertigo) ya? terima kasih mbak

    • Sudah pernah medical check up seluruh badan? Selama ini dikasih obat apa saja ya Pak? Saran saya cek mendalam lagi karena vertigo itu gejala beberapa penyakit, bukan hanya maag.. Semoga segera baikan ya Pak :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s